Sunday 16 June 2013

JENIS LEM KAYU ATAU PEREKAT DALAM INDUSTRI MEBEL JEPARA

Jenis Lem Kayu Atau Perekat Dalam Industri Mebel Jepara ada beberapa yang lazim di gunakan, dari sekian banyak produk lem / perekat untuk kayu yang terdapat di pasaran, Industri Mebel Jepara menggunakan hanya sebagian saja yang menurut kami paling banyak kegunaanya, Menurut pengetahuan kami Jenis2 Lem perekat kayu tersebut adalah Lem Epoxy, Lem Putih / PVAc , Lem Busa / Polyurethane dan Lem Super / cyanocrylate adhesive. Berikut adalah penjelasan kami mengenai masing2 Lem bahan perekat kayu tersebut menurut pengetahuan kami pada praktek di dunia industri mebel jepara.
Jenis Lem Kayu Atau Perekat Dalam Industri Mebel Jepara
  • Lem Epoxy
Jenis Lem Perkat Kayu ini adalah yang paling banyak di guankan dalam dunia industri mebel jepara. Jenis perekat kayu yang satu ini terdiri dari 2 komponen utama yaitu Resin dan Hardener. Sifatnya mengisi permukaan / komponen yang di sambung. memiliki tekstur yang keras dan sangat kuat tahan air dan bahan kimia serta tahan temperatur yang relatif tinggi. dengan sifat2nya tersebut pada dasarnya lem ini sangat bagus untuk aplikasi mebel furniture. walaupun kita perlu hati2 dalam mencampur 2 komponennya supaya tepat dan menjadi adonan yang sempurna dan juga harus hati2 dalam memperkirakan berapa banyak kebutuhan kita dalam mencampur 2 komponen tersebut karena setelah 2 komponen tercampur sempurna maka reaksi pengeringan pun di mulai, Pengeringan campuran lem ini bisa mencapai 100 menit sebelum kemudian mengeras sempurna dan tidak dapat di gunakan lagi, Jika kita terlalu banyak membuat campuran maka akan sanngat tidak ekonomis. Kekurangan dari bahan lem perekat kayu epoxy adalah memiliki "glue line" / bekas lem yang cukup terlihatdan juga sifat kerasnya yang justru menjadi bumerang karena jika permukaan komponen yang di sambung bergerak / menyusut sedikit saja maka lem akan pecah / retak. untuk aplikasi mebel taman / luar ruangan ( Outdoor Furniture ) mungkin kurang cocok jika menggunakan bahan perekat ini.
  • Lem Putih / PVAc
 Lem jenis ini banyak di gunakan untuk keperluan indoor furniture atau mebel untuk keperluan dalam ruangan, Untuk pemakaian luar ruangan produk lem putih PVAc juga sangat bagus setelah mendapat penambahan hardener yang membuatnya semakin kuat tanpa retak. Lem ini bisa di gunakan untuk semua material yang mempunyai permukaan berpori. Sifat dasarnya elastis dan bisa menyesuaikan terhadap perubahan cuaca / Weather Reactance. Banyak juga di gunakan dalam proses pelapisan Veneer dan seni Papercraft juga untuk mencapur plamur tembok. Keistimewaan produk ini adalah tidak memiliki glue line / jejak bekas lem yang terlihat karena saat lem ini mengering dia berwarna bening, Lem ini juga elastis sehingga permukaan sambungan yang bergerak / mengalami penyusutan minor tidak pecah / retak. Kelemahannya waktu pengeringan yang relatif lama sehingga tidak cocok untuk perajin kecil yang sedang kejar tayang ordernya.
  • Lem Busa / Polyurethane
Kenapa di sebut lem busa atau kami orang jawa menyebutnya "unthuk", Karena saat sudah kering lem ini berbentuk busa atau foam. Lem ini berbahan dasar synthetic Polyurethane yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Banyak di gunakan sebagai perekat sambungan Finger Joint dan butt joint serta pada industri mebel garden / mebel luar ruangan karena sifanya yang weather reactance dan mengisi rongga yang kosong pada sambungan. Kekurangannya adalah kekuatan yang kurang untuk aplikasi pada struktur konstruksi utama mebel.
  • Lem Super / cyanocrylate adhesive
Kami biasa menyebut lem ini sebagai lem alteko saja. Alteco adalah merk lem super yang mungkin pertama masuk ke industri mebel jepara. Berbentuk cairan bening dengan glue line menyesuaikan residu bahan yang direkatkannya. Kami menggunakannya hanya untuk reparasi kerusakan kecil misalnya retak kecil atau cuil sedikit pada ujung produk. Kehadiran produk ini bisa jadi penyelamat saat finishing produk mebel yang memerlukan perbaikan dengan hanya sedikit waktu tersedia. Lem ini bisa mengering dalam waktu beberapa detik saja sehingga sangat menolong kami yang sedang buru2.

Masih banyak sekali jenis lem perekat kayu yang tersedia di pasaran, Namun menurut kami jenis lem diatas lah yang biasa kami gunakan. Jika anda mempunyai tambahan informasi yang mungkin bisa melengkapi informasi dari kami silahkan tinggalkan komentar dan kita akan sangat terbantu dengan pengalaman anda tentan Jenis Lem Kayu atau Perkat Kayu.

6 Metode MENCARI BUYER DARI LUAR Negara Melalui INTERNET

  6 Metode MENCARI BUYER DARI LUAR Negara Melalui INTERNET Dalam bisnis ekspor, buyer merupakan ujung tombak dari suatu proses. Produk serta...